header junitha hornet's story

3 Festival Unik di Negara Indonesia


3 festival Unik di Negara Indonesia yang wajib kita kunjungi

Selain terkenal dengan Suku Budaya yang beraneka ragam dan kulinernya yang memiliki ciri khas, festival unik di Negara Indonesia juga di akui oleh Dunia lho!

Hallo sahabat pena, hari ini saya akan mengulik beberapa festival kebudayaan unik yang ada di Dunia, dan kali ini saya akan memilih beberapa festival unikdi Negara Indonesia. Sebuah Negara yang memiliki baragam Suku dan juga Keanekaragaman Budaya. Artikel ini sekaligus sebagai salah satu tugas menulis dalam kelas “Kelas Menulis Cerdas (KMC)”.
Agar sahabat pena tidak penasaran lagi, kita akan mulai membahas satu persatu Festival Kebudayaan unik yang di beberapa daerah yang ada di Indonesia, antara lain :

1. Festival Karapan Sapi Madura


Sumber Gambar :

Di Jawa Timur, tepatnya di Pulau Madura ada tradisi atau Festival yang sangat unik, dan selalu memancing banyak wisatawan berdatangan, untuk menyaksikan acara tersebut, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Festival unik di Negara Indonesia ini bernama “Karapan Sapi”. Ini adalah perlombaan Pacuan Sapi yang di selenggarakan setiap satu tahun sekali, acara ini dilaksanakan antara bulan Agustus dan September. Dalam pelaksanaannya akan di siapkan Sepasang sapi yang berkualitas bagus dan unggulan.
Sapi ini akan menarik gerobak atau kereta yang terbuat dari kayu dan akan di kendalikan oleh seorang Joki, sapi-sapi ini akan berlomba adu kecepatan dalam rute yang sudah di siapkan sepanjang 180-200 meter. Uniknya rute ini berada di tengah sawah yang berlumpur. Karapan Sapi ini bukan sekedar acara adat dan kebudayaan saja, akan tetapi salah satunya untuk mengangkat harkat dan martabat orang Madura.


2. Dieng Culture Festival


Sumber Gambar :

Dieng Culture Festival adalah sebuah Acara Pesta Budaya yang di selenggarakan oleh masyarakat di Kabupaten Dieng Provinsi Jawa Tengah. Acara ini diadakan setiap tahun dengan menampilkan berbagai kesenian, diantaranya pagelaran Wayang Kulit, Festival Lampion, pertunjukan musik dan beberapa kesenian lainnya. Festival ini berhasil menyedot banyak wisatawan, baik lokal maupun asing untuk turut serta meramaikan acara tersebut, acara ini pula melibatkan semua kalangan, baik masyarakat maupun tokoh Agama. Sebagai acara inti dalam Festival Budaya ini adalah Prosesi Ruwatan Pemotongan Rambut Gimbal.
Di Kabupaten Dieng memiliki keunikan tersendiri yang tidak di jumpai di daerah lain di Indonesia. Yaitu ada beberapa anak berusia 40 hari sampai 6 tahun, yang secara unik akan tumbuh beberapa rambut gimbal secara alami, dan hal ini sudah terjadi dari beberapa tahun silam sejak nenek moyang mereka lahir. Tumbuhnya rambut gimbal secara tiba-tiba, dan anak tersebut akan ditandai dengan munculnya deman tinggi pada sang anak selama beberapa hari, dan tubuh anak tersebut akan kembali normal bersamaan dengan munculnya rambut gimbal di kepala anak tersebut. Ruwatan pemotongan rambut gimbal yang dilaksanakan dalam Festival Dieng Culture ini bertujuan untuk mengusir nasib buruk atau kesialan pada si anak ataupun pada masyarakat pada umumnya.
Dalam penyelenggaraan setiap tahunnya, acara Festival ini juga mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung, karena yang kita ketahui, di daerah Dieng memiliki banyak Obyek Wisata dan Cagar Alam yang perlu kita lestarikan.

3. Festival Fahombo / Festival Lompat Batu


Sumber Gambar :
Ada satu lagi keunikan ragam budaya yang ada di Indonesia yang patut untuk kita lestarikan, yaitu tradisi Lompat Batu yang bersal dari Nias Sumatera Utara. Festival ini disebut juga dengan Festival Fahombo. Tradisi ini sudah ada sejak dahulu kala, dilakukan oleh para pemuda yang sudah beranjak dewasa, mereka melompati batu berbentuk piramida setinggi 2 meter, dengan menggunakan pakaian Adat perang suku Nias, sebagai tanda mereka siap untuk bertempur, sehat secara fisik dan sudah bisa memikul tanggung jawab karena sudah dewasa. Jika pemuda itu mampu melompati batu dengan baik dan sempurna, ini akan menjadikan kebanggaan tersendiri untuk dirinya dan keluarganya.
Setiap tahunnya, pelaksanaan acara ini ternyata mampu membawa daya tarik bagi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun Wiatawan asing. Festival Fahombo ini di selenggarakan dalam rangka mewariskan dan melestarikan Adat suku Nias.

Inilah 3 Festival Unik di Negara Indonesia, semoga kita sebagai generasi penerus bangsa ikut serta dalam melestarikannya, dan juga bangga akan keanekaragaman suku dan budaya bangsa kita tercinta Indonesia.





Junitha Hornet
Selamat Datang di Junitha Hornet's Story Blogger, Cerpenis, dan Penyuka Buku "Menulislah Karena Suka, Maka Kamu Akan Menikmatinya".

Related Posts

Posting Komentar