header junitha hornet's story

Cara Mudah Memasang Google Analytics

5 komentar

https://www.junithahornet.com/2021/08/cara-mudah-memasang-google-analytics.html
    Hallo sahabat ketemu lagi nih bareng Junitha Hornet di blog “Junitha Hornet’s Story” kali ini Junitha akan berbagi tips bagaimana cara mudah memasang Google Analytics.


Sebenarnya ini adalah rangkaian materi kelas Blogspedia yang sedang Junitha ikuti dari bulan Mei 2021 dan akan berakhir pada awal bulan September yang akan datang. Nah, kalau batch sebelumnya memasang Google Analytics adalah materi bonus untuk peserta yang lolos mengikuti kelas sampai finish, dikesempatan kali ini coach Maritaningtyas justru memberikan kelas ini sebagai materi pembekalan sebelum peserta (yang masih bertahan) di batch ini akan mendapat tantangan tugas akhir yaitu one day one post. Hehehehe … gamsa haeyo coach 😀

Apa itu Google Analytics dan Bagaimana Cara Memasangnya

Google Analytics 

    Sering dengar tapi belum paham apa sih Google Analytics? Menurut  wikipedia, Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-clickemail marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. Wah, lengkap yah sahabat, dengan memasang Google Analytics kita bisa melihat siapa saja sih yang membaca blog kita, apa kesukaan mereka, dan lain-lain.

    Kalau kita punya blog bukannya kita bisa lihat data statistik di dashboard blog kita? Iya sih, hanya saja dengan menggunakan Google Analytics kita akan melihat data yang lebih lengkap dan akurat, jadi gimana, sudah siap memasang Google Analytics bareng Junitha dong sekarang? Yuk, ikuti step by stepnya.

Cara Mudah Memasang Google Analytics 

https://www.junithahornet.com/2021/08/cara-mudah-memasang-google-analytics.html

1. 
Masuk ke analytics.google.com

Nanti sahabat akan melihat tampilan di layar seperti ini, kemudian langsung saja klik Mulai mengukur, masukan akun gmail yang akan kitat gunakan ya. Oya, untuk tampilan bahasa tergantung settingan gmail masing-masing ya, kalau Junitha dari awal sudah tersetting bahasa indonesia.

2. Buat Akun

Langkah selanjutnya adalah  membuat akun pribadi, untuk menggunaan nama bebas ya, sahabat bisa menggunakan nama apa saja. Kemudian pada kolom setelan berbagi data akun, silahkan sahabat centang sesuai dengan kebutuhan.

3. Penyiapan Properti

Setelah akun kita jadi, saatnya kita membuat Properti. Isi nama properti yaitu nama yang mau dilacak, kalau Junitha menuliskan “Junitha Hornet’s Story” ini adalah alamat blog Junitha yang akan di lacak. Selanjutnya sesuaikan zona waktu dan mata uang.

Disini properti yang akan dibuat otomatis adalah GA4 nah tips agar kita bisa membuat properti UA kita tinggal klik Tampilkan opsi lanjutan kemudian klik berikutnya.

4. Buat Properti Universal Analytics

Ketika opsi lanjutan di klik, akan muncul Properti Universal Analytics, jangan lupan status sahabat rubah menjadi ON. Kemudia ini url situs. Buat Properti GA4 + UA kemudian klik berikutnya.

5. Informasi Bisnis

Ini adalah step terakhir, silahkan sahabat isi informasi bisnis, pilih kategorinya sesuai kebutuhan ya, kemudian diisi ukuran bisnis, apa saja yang ingin di lacak, selanjutnya klik buat.

6. Konfirmasi dari Google

Nanti akan muncul konfirmasi dari google, sahabat centang saja terms of service dan klik lanjut.

https://www.junithahornet.com/2021/08/cara-mudah-memasang-google-analytics.html

7. Done

Yes, dua property kita sudah jadi nih sahabat, yaitu UA dan GA4. Nah, sekarang kita cek dan ricek yuk tampilan setelah kita berhasil memasang akun Google Analytics.

https://www.junithahornet.com/2021/08/cara-mudah-memasang-google-analytics.html

Tampilan yang akan muncul adalah seperti ini, klik saja di bagian admin. Nanti sahabat akan melihat akaan melihat akun property. satu email bisa untuk banyak akun loh, kalau mau bikin prop baru, tinggal klik +create property saja ya (langkah-langkahnya sama persis kayak di awal kita membuat akun).

Sampai sini sudah bisa dimengerti ya, kalau gitu Lanjut lagi yuk ….

Langkah selanjutnya adalah kita harus mengkoneksikan UA dan GA4, caranya adalah dibagian menu (dibawah sendiri) ada tulisan admin, kita klik aja disini.

Di admin ada beberapa menu, sekarang kita lihat menu GA4 Setup Assistant terlebih dulu ya, nanti akan muncul tampilan seperti itu, di pojok kanan atas ada informasi not connected. Lho kita kan tadi sudah bikin sekalian GA4, kok nggak terkoneksi ya? Iya, kita harus hubungkan dulu.

Caranya ada dua pilihan :

  1.  I want to create a new GA4 Prop. Ini diskip aja yang udah bikin GA4 sekalian, buat yang belum punya GA4 bisa bikin prop GA4 dengan klik Get Started
  2. I want to connect an existing. Nah, ini yang kita pakai kalau udah punya prop GA4, klik di select an existing GA4 Property, klik tanda panahnya. Nanti ada pilihan GA4 pilih yang mau dikoneksikan, kemudian klik connect peoperties, Yup, otomatis  UA dan GA4 akan ter connect.

Langkah selanjutnya adalah kita tengok dibagian info tracking code, nah tracking ID silahkan sahabat copy, lalu masuk ke dashboard blog pribadi, klik stelan/setting. Di bagian google analyics, nomer ID yang sudah kita simpan silahkan copy disini kemudian save.

Lalu kembali lagi ke admin GA - masih di bagian tracking code sekarang  kita copy kode yang ada di dalam kotak. Copy kemudian buka lagi dashboard blog - theme - edit html cari kode <head> paste kan kode dari GA tadi di bawahnya, jangan lupa save.

Setelah kode pelacakan dipasang. Kita tinggal tunggu google crawling dan melacak blog kita, sabar ya sahabat kita tunggu sekiar 3 hari

Nah itulah cara mudah memasang  Google Analytics, semoga bermanfaat ya.

Terima kasih dan salam sehat selalu

Junitha Hornet

Junitha Hornet
Selamat Datang di Junitha Hornet's Story Blogger, Cerpenis, dan Penyuka Buku "Menulislah Karena Suka, Maka Kamu Akan Menikmatinya".

Related Posts

5 komentar

  1. Pas baca not connected itu udah deg2an ya mbak. Eh tenyata emang harus dihubungkan dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mbak, sampai ga bisa tidur, dan ini lebih ceper rupanya. Paginya dah bisa dilihat statistiknya. Tp berhunung msh cupu yaaa masih beraih bgt, hehehe

      Hapus
  2. Nah dulu sebelum di blogspedia aku install google analytics ini tanpa copy Javascript jadinya ga keluar reportnya. Alhamdulillah sekarang udah keluar hasilnya.. senengnyaaa ya mba

    BalasHapus
  3. Wah mbak. Penjabaran per poinnya bikin paham banget nih step2nya. Dibacanya juga jadi ngalir.

    Aku awal-awal pasang GA nggak bisa tidur wkwkwk. Ternyata memang ada step terlewat pas ikut Blogspedia. Insha Allah skg dah paham dan gak ada step terlewat ;)

    BalasHapus
  4. Asiik ya mb Junutha, saat bisa ngulik-ngulik sendiri. Pas dapat ilmu baru barulah kita bengong "O" begini toh. Tutorialnya bagus mb.

    BalasHapus

Posting Komentar