header junitha hornet's story

Panduan Memasang Google Search Console

https://www.junithahornet.com/2021/08/panduan-memasang-google-search-console.html

    Hallo sahabat "Junitha Hornet's Story". Junitha datang lagi nih, kali ini Junitha akan berbagi tips tentang Panduan Memasang Google Search Console (GSC). Ini adalah materi terakhir di kelas Blogspedia yang sedang Junitha ikuti yang sebentar lagi akan berakhir, hiks sedihnya ....

    Jujur ini adalah kelas yang sangat istimewa yang pernah Junitha ikuti. Next kalau ada batch 3 sahabat wajib banget ikutan ya, asli nggak akan rugi karena kelas ini banyak banget materi all about blog, dari A sampai Z.

    Okey kita lanjut ya ... Yang sudah punya blog mana suaranya? sudah pasang Google Search Console belum nih? Nah, khusus buat yang belum pasang, Junitha mau ajak sahabat buat pasang bareng-bareng.

    Sebelum materi ini Junitha sudah berhasil memasang Google analytics, nah biar makin komplit lanjut kita akan memasang Google Search Console

Apa itu Google Search Console dan Bagaimana Cara Memasangnya

Google Search Console

    Menurut Wikipedia, Google Search Console adalah merupakan layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk para webmaster. Layanan ini berfungsi untuk meningkatkan keterlihatan situs di hasil pencarian Google dan menampilkan laporan status indeks pada web yang didaftarkan.

    Pada tanggal 20 Mei 2015, Google mengubah nama "Google Webmasters" menjadi "Google Search Console". Pada bulan Januari 2018, Google meluncurkan versi baru dari Google Search Console dengan antarmuka dan fitur yang lebih lengkap dari versi lama.

https://www.junithahornet.com/2021/08/panduan-memasang-google-search-console.html

    Sebelum kita pasang tools yang satu ini, kita cari tahu dulu yuk apa fungsi dari Google Search Console. Secara garis besar ada 4 fungsi GSC, yaitu :
  1. Melihat kinerja blog kita dari sisi Search Engine Optimization (SEO)
  2. Melihat cakupan halaman yang terindex di google
  3. Melihat hal-hal yang perlu disempurnakan dari sebuah website
  4. Inspeksi URL
    Wow, ini sih tools yang wajib banget untuk para blogger miliki. Jadi nggak sabar nih buat pasang. Okey, kalau gitu kita mulai pasang yuk, dan ini dia step by stepnya. Chek this out ....

Panduan Memasang Google Search Console

https://www.junithahornet.com/2021/08/panduan-memasang-google-search-console.html


    Gambar di atas adalah tampilan awal saat kita pertama kali masuk ke GSC dan belum memasukan akun gmail kita. Selanjutnya klik mulai dan masukan akun gmail kita ya.

https://www.junithahornet.com/2021/08/panduan-memasang-google-search-console.html

    Nah, ini adalah gambar yang akan muncul setelah kita masukan akun gmail kita. Disini ada 2 pilihan yaitu  kanan atau kiri, sahabat pilih yang sebelah kanan ya, yang awalan URL atau pRefix URL. Kemudian masukan URL atau alamat blog kita ke dalam kolom lalu klik terus/next.

https://www.junithahornet.com/2021/08/panduan-memasang-google-search-console.html

    Taraaaa ... itulah tampilan yang akan muncul, artinya sudah diverifikasi otomatis. Tapi biar lebih aman kita akan lakukan verifikasi lainnya caranya : klik buka properti
Tampilan dashboard GSC yang muncul masih kosong karena baru kita bikin. Lanjut scroll menu kebawah sampai ketemu setelan/setting.

    Sekarang saatnya kita ke Verifikasi kepemilikan ya, walaupun sudah otomatis terverifikasi, biar tambah yakin kita verifikasi dengan cara lain ya. 
Ada 5 pilihan verifikasi yaitu : file html, tag html, Google Analytics GA, gtag manager, dan DNS. Nah, kita akan pakai yang tag html dan GA aja yaaaa.

https://www.junithahornet.com/2021/08/panduan-memasang-google-search-console.html

Verifikasi tag html

  • Akan muncul kode seperti gambar diatas, kita copy kode itu, lalu paste di dashboard blog kita (theme-edit html) kita letakan code itu di bawah <head>
  • kemudian kita simpan
  • Kembali lagi ke GSC, klik verifikasi
Kalau kita pakai fiksioner, yang kita copy kode html tangnya yang ada di dalam tanda petik saja ya sahabat. 
kita copy kode itu, lalu paste di dashboard blog kita (theme-edit html). Nah, kita cari dibagian tracking code, ganti tanda xxxxx dengan code tag html yang diapit tanda petik tadi, jangan lupa klik simpan. Kembali lagi ke GSC, klik verifikasi.

Verifikasi Google Analytics

  • Asal kode Google Analytics yang sebelumnya kita pasang sudah kita copy-paste di bawah <head> maka sudah aman ya.
  • Klik Verify, selesai deh "Succesfully Verified".

Hubungkan Google Analytics dengan Google Search Console

  • Klik associate 
  • Pilih property UA
  • Klik continue/lanjutkan
  • Klik tautkan. Yes, sudah terhubung ya antara GA dan GSC. 
   Kita cek dan ricek lagi yuk?
kita masuk ke Google Analystics - Admin - Setelan - Property - Search console - klik search console. Yey, selamat GA dn GSC kita sudah terhubung nih, 

https://www.junithahornet.com/2021/08/panduan-memasang-google-search-console.html


Selanjutnya balik lagi ke GSC kita setting sitemap. Masuk ke bagian sitemap/peta situs (Dibelakang url blog kita masukan sitemap.xml lalu klik kirim. Done setting GSC. Alhamdulillah GSC berhasil kita pasang ya sahabat. Sama seperti saat kita memasang GA, kita harus menunggu kurang lebih 3 hari GSC dapat mengakseskinerja blog kita, sabar menunggu ya ....

Yup, Itulah beberapa panduan memasang Google Search Console, ilmu yang Junitha dapatkan dari kelas Blogspedia yang sangat membantu buat Junitha khususnya.

Terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat. Salam sehat dan bahagia.
Junitha Hornet









Junitha Hornet
Selamat Datang di Junitha Hornet's Story Blogger, Cerpenis, dan Penyuka Buku "Menulislah Karena Suka, Maka Kamu Akan Menikmatinya".

Related Posts

Posting Komentar