header junitha hornet's story

Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Produktif? Ini Dia Tips dan Triknya

2 komentar

 https://www.junithahornet.com/2021/08/menjadi-ibu-rumah-tangga-yang-produktif.html


Seperti apa sih ibu rumah tangga yang produktif? Masih ragu memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga?

Banyak sebagian orang beranggapan memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga adalah hal yang paling menyeramkan, sehingga banyak yang masih merasa ragu, apalagi bagi para ibu yang sebelum menikah, atau sebelum memiliki anak adalah seorang wanita karir yang sangat produktif.

Perasaan seperti itu sangat wajar loh sahabat, perasaan cemas memikirkan seperti apa rutinitas baru yang harus mereka jalani nantinya. Ketika kita sudah membulatkan tekad dan memutuskan untuk menjadi seorang ibu rumah tangga maka kuncinya adalah jalani dengan rasa bahagia, jika kita ikhlas maka surga menantinya. Karena seperti yang kita tahu tugas menjadi ibu rumah tangga adalah salah satu ibadah. 

https://www.junithahornet.com/2021/08/menjadi-ibu-rumah-tangga-yang-produktif.html


Nah, dalam kesempatan kali ini Junitha akan berbagi tips dan trik bagaimana menjadi ibu rumah tangga yang produktif di rumah.

1. Ibu adalah Madrasah Pertama bagi Putra Putrinya.

Yups, seorang ibu bisa lebih produktif juga kreatif dengan terus  meng-upgrade diri dengan ilmu pengetahuan sesuai dengan kebutuhan anak-anak. untuk membersamai tumbuh kembang mereka dalam hal belajar kita bisa mencoba beberapa metode belajar yang menyenangkan. Orang tua adalah role model, maka penting untuk kita menjadi model terbaik untuk mereka.

2. Jadikan Pekerjaann Rumah, Menjadi Kegiatan yang Menyenangkan.

Ada loh sahabat, beberapa ibu yang merasa bosan menjalani rutinitas sehari-harinya di rumah. Nah, solusinya adalah menjadikan pekerjaan rumah menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk kita. Bagaimana memulainya :
  • Kita bisa memulainya dengan menyiapkan masakan instimewa di pagi hari untuk suami dan anak-anak, apalagi jika apa yang kita masak penuh dengan cinta dimakan dengan lahapnya oleh semua keluarga.
  • Menjadikan berbenah rumah menjadi kegiatan yang menyenangkan, kita bisa menata setiap sudut rumah kita dengan cara asik dan menyenangkan.
  • Berkebun, kita bisa menyibukan diri dengan menanam pohon diarea rumah, atau mempercantik setiap sudut rumah dengan bunga-bunga yang kita tanam.
  • dan masih banyak pekerjaan rumah lainnya yang dapat kita jadikan sebagai kegiatan yang menyenangkan.
https://www.junithahornet.com/2021/08/menjadi-ibu-rumah-tangga-yang-produktif.html


3. Produktif di Rumah Melalui Hoby.

Ada banyak kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan oleh para istri ataupun ibu rumah tangga di rumah, apalagi jika kegiatan itu menyangkut hoby. Wah, pasti seru ya sahabat? kita bisa produktif dengan menulis, crafting, yang hoby masak kita bisa berjualan kuliner, atau menjalankan bisnis online shop lainnya. 

Seorang ibu bisa memulai hobinya di rumah dengan cara yang menyenangkan, hal ini bisa menambah deretan panjang kegiatan yang produktif sehari-hari walaupun di dalam rumah.

4. Aktif di Lingkungan Rumah.

Lingkungan tempat tinggal menjadi salah satu tempat untuk menambah sederetan aktifitas seorang ibu rumah tangga agar selalu produktif, dengan aktif mengikuti pertemuan rutin dilingkungan rumah seperti aktif menjadi kader pkk, kampung KB, atau dapat juga aktif mengikuti kajian-kajian yang diselenggarakn di masjid terdekat. 

Aktif bersosialisasi dan berorganisasi merupakan salah satu tips menjadi ibu rumah tangga yang produktif selain akan menambah wawasan, juga akan menjalin tali silaturahmi. 

5. Bergabung dengan Komunitas.

Bergabung dengan komunitas sesuai dengan bidang yang kita tekuni, seperti komunitas menulis, musilmah entrepreneur, ibu profesional, zero waste, dan lain-lain. Pilih sesuai dengan apa yang menjadi passion kita tanpa menganggu peranan penting kita yaitu sebagai seorang ibu, dan kewajiban menjadi seorang istri.

Dengan bergabung dengan komunitas akan menambah relasi, jaringan, ilmu pengetahuan, pengalaman, dan menjadikan kita menjadi lebih produktif.

https://www.junithahornet.com/2021/08/menjadi-ibu-rumah-tangga-yang-produktif.html


6. Menjadi Ibu yang Bahagia.

Ini adalah poin penting yang akan mendukung segala aktifitas seorang ibu. Menjadi ibu yang bahagia. Gimana, setuju?
Ibu adalah jantung keluarga. Ibu adalah sumber kebahagiaan anak-anak, jika ibu bahagia, maka seluruh penghuni rumah pun akan merasa bahagia.

Ibu yang bahagia akan memancarkan aura yang menyejukan. Kebahagiaan seorang ibu tidak dinilai dari bergelimang materi disekelilingnya, tetapi  dengan memiliki rasa syukur atas apapun yang dimilikinya. 

Ibu yang bahagia dengan sendirinya akan lebih produktif dalam menjalankan rutinitas sehari-hari. Energinya selalu positif, tak pernah mengeluh. Mereka pun akan memiliki kebiasaan yang baik, seperti bangun lebih pagi, memiliki perencanaan, dan pastinya memiliki waktu untuk me time.

Itulah beberapa tips dan trik menjadi ibu rumah tangga yang produktif di rumah yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehri-hari. Menjadikan hari-hari penuh dengan rasa syukur dan bahagia, menjalani hari-hari dengan ikhlas. Jadi apakah masih merasa ragu untuk memutuskan menjadi ibu rumah tangga?

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjawab keraguan para istri dan ibu yang ingin fokus menjadi seoarang ibu rumah tangga yang produktif.


Stay Healthy 'n Happy

Junitha Hornet






Junitha Hornet
Selamat Datang di Junitha Hornet's Story Blogger, Cerpenis, dan Penyuka Buku "Menulislah Karena Suka, Maka Kamu Akan Menikmatinya".

Related Posts

2 komentar

  1. Dulu aku pernah di titik insecure mbak jadi IRT. Seiring berjalannya waktu, ternyata di era skg produktif itu bisa dari mana aja. Dah enjoy jadi IRT dan freelance dari rumah :) semangat terus untuk semua ibu!

    BalasHapus
  2. Wah makasih mbak tipsnya, jadi tambah PD jadi IRT..hehe
    Semoga kita menjadi Ibu Produktif yang bahagia selalu dengan syukur ya mbaak

    BalasHapus

Posting Komentar