header junitha hornet's story

Merubah Template Blog Seo Friendly

2 komentar

Sudahkah tampilan template blog kita SEO Friendly? Wah, pertanyaan yang benar-benar bikin hati berdebar-debar tentunya bagi seorang blogger. Dalam artikel kali ini Junitha mau sedikit curhat nih sahabat. Jadi Junitha itu lagi super duper senang dan bersyukur mengenal kelas Blogspedia tempat dimana junitha yang masih cupu ini belajar banyak tentang dunia kepenulisan khusunya blogging.


Di kelas ini Junitha mendapatkan banyak hal, dari bagaimana cara membuat blog, memasang custom domain, dan pada akhirnya sampailah pada tahap yang ditunggu-tunggu yaitu merubah template blog menjadi SEO Friendly.

https://www.junithahornet.com/2021/08/merubah-template-blog-seo-friendly.html


Apa itu Template?

Template dalah tampilan dalam sebuah blog yang akan menunjukkan tata letak atau komponen-komponen dalam blog. Dengan menggunakan template, seorang blogger akan lebih mudah dalam mengelola blog mereka. Template dapat mengatur semua tulisan kita agar tampak seragam dan rapi sesuai pengaturan. Baik dari ukuran header, posisi artikel, posisi widget, posisi footer, termasuk penggunaan font. Setiap halaman akan terlihat sama tanpa perlu diubah pada setiap halamannya.


Pada dasarnya blogspot menyediakan banyak template yang beragam, dengan berbagai tampilan, sahabat bisa memilih sesuai dengan karakter kita, kita pun dapat merubah tampilan itu sesuai keinginan kita, hanya saja template yang tersedia belum SEO Friendly.

Apa itu SEO Friendly?

SEO (Search Engine Optimization) friendly adalah suatu cara yang dilakukan agar konten dalam suatu situs web diutamakan dalam mesin pencari dan menaikkan traffic situs web, SEO Friendly menjadikan konten dalam suatu situs web menjadi konten yang banyak diakses oleh pengunjung. 


Nah, penting untuk diperhatikan bagi seorang blogger adalah memiliki template blog SEO Friendly, dengan tujuan agar blog dan artikel kita mudah di optimasi dalam mesin pencarian.

Memasang template blog SEO friendly

Awalnya Junitha pun menggunakan template simple (default) bawaan dari blogspot. Nah, dalam sesi materi ke-8 Blogspedia ini, Coach Maritaningtyas memberi tugas memasang template unduhan pihak ketiga agar tampilan blog kita menjadi lebih cantik, enak dilihat dan tentunya SEO Friendly


Jujur saja saat pertama kali membaca materi tentang bagaimana cara memasang template yang diberikan oleh Cocah, Junitha sempat shock niih, melihat banyaknya kode-kode yang muncul dan membayangkan bagaimana ruwetnya memasang itu semua, Junitha langsung berkeringat, mual, dan pusing, dalam hati kok susah banget siiiii heheh. Tapi syukurlah, coach Marita dengan sabar membimbing para cupu untuk pelan-pelan mempraktikannya. Masha Alloh sabar banget nih Coach satu persatu menjawab pertanyaan dan membantu kesulitan kami pada saat memasang template unduhan, kuncinya sebelum bermain-main dengan kode-kode dalam unduhan template adalah kita harus berani, fokus, dan sabar.

Sahabat mau tau bagaimana step by step Junitha memasang template unduhan dari pihak ketiga? Kalau gitu lanjutin bacanya yuk.

Cek dan Ricek blog kita menggunakan tiga tools berikut ini :

  • Cek menggunakan  meta SEO inspector, kita lihat apakah struktur blog sudah okey. Clik disini untuk memasang meta SEO inspektor di google crome.
  • Cek menggunakan SEOoptimer. Masukkan alamat website blog di kolom audit, lalu klik audit. Nah, disini akan muncul skor-skor dan akan mengarahkan kepada kita tentang blog kita bagian mana saja yang perlu diperbaiki.
  • Cek kecepatan dengan menggunakan developers. Setelah di analyze, nanti akan muncul dua kecepatan yaitu kecepatan tampilan blog kita pada saat digunakan di mobile dan desktop.

Mengunduh template fiksioner dari igniel.com

"Fiksioner adalah tema Blogspot gratis yang cocok digunakan oleh blog dengan semua tema seperti personal, berita, pendidikan, kesehatan, tutorial, dan lainnya. Dioptimalkan dari segi kecepatan loading halaman, SEO, dan posisi penempatan iklan yang strategi".

Setelah berhasil terunduh, selanjutnya adalah memasang dan sesuaikan dengan tampilan blog impian kita. Eits tunggu dulu, yang harus kita ingat pada saat memasang template adalah mengetahui layout blog yang ideal, yaitu :

  1. Backgrond tulisan berwarna putih, font berwarna hitam.
  2. Isi konten disebelah kiri, sidebar diseblah kanan
  3. Lebar header maksimal 200px
  4. Menggunakan 2-3 warna dalam tampilan blog.

Okey kita lanjut ....

https://www.junithahornet.com/2021/08/merubah-template-blog-seo-friendly.html


Permak habis tampilan blog.

Setelah fiksioner berhasil kita unduh kemudian buka file. Karena file yang kita download berupa file .rar harus kita diekstraksi dulu. Buka file .xml dengan open with notepadSelect all, copy semua kode yang ada.

Langkah selanjutnya adalah, masuk ke dashboard blog kita, buka theme - edit HTML kemudian sellect all kode - hapus, dan tempel kode yang sudah kita copy tadi dari XML. Kemudian sesuaikan warna font, widged dan info lainnya sesuai impian kita. Oya jangan lupa setiap kali kita menata atau mengatur ulang blog kita langsung di simpan yah ....

Asiiik sudah jadi dong template kita? Belum dong say, kita harus mengecek ulang dan merubah link yang sudah ada dengan link kita. Disinilah kita harus fokus, butuh kejelian dan juga kesabaran tingkat tinggi heheh, tapi lagi-lagi Junitha mengucap syukur karena coach Marita dengan sabar membantu dan walaupun sulit Junitha tetap terus belajar untuk mewujudkan impian memiliki blog yang lebih profesional lagi.


Yang pasti Junitha masih terus berbenah dan memperbaiki tampilan blog agar lebih cantik, enak dilihat, dan yang pasti SEO Friendly.

Nah seperti apa tampilan Blog Junitha sebelum dan sesudah memasang template dari pihak ketiga? Taraaaa .... ini dia hasilnya 

https://www.junithahornet.com/2021/08/merubah-template-blog-seo-friendly.html


Nah itulah beberapa cara bagaimana kita memulai memasang tempalte blog SEO friendly, agar tampilan blog kita leboh menarik. semoga bermanfaat ya sahabat.




















Junitha Hornet
Selamat Datang di Junitha Hornet's Story Blogger, Cerpenis, dan Penyuka Buku "Menulislah Karena Suka, Maka Kamu Akan Menikmatinya".

Related Posts

There is no other posts in this category.

2 komentar

  1. Jadi makin rapi dan cantik ya mba tanpilannya..
    Btw, tagline kita mirip ya mba, sehati..
    Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kayak passs bgt taglinenya buat saya heheh

      Hapus

Posting Komentar