header junitha hornet's story

Tips Agar Anak Hoby Membaca

Hayo, siapa nih yang punya hobi membaca? Sudah baca buku apa hari ini? Wah, pasti seru kalau memiliki kegemaran membaca. Seperti yang kita tahu, banyak membaca maka kita akan lebih banyak tahu tentang segala ilmu pengetahuan. 


Membaca buku artinya kita sedang mempelajari sejarah, membaca buku ibarat kita sedang bermimpi banyak hal tanpa harus memejamkan mata. Membaca itu ibarat kita sedang keliling dunia tanpa harus melangkahkan kaki.

Apa sih makna dari membaca?


Di dalam KBBI tertulis bahwa ada setidaknya 5 makna dari kata “Baca” atau “Membaca” yaitu :
  1. Melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis, bisa dengan melisankan atau hanya dalam hati.
  2. Mengeja atau melafalkan apa yang tertulis.
  3. Mengucapkan sesuatu yang tertulis.
  4. Mengetahui atau meramalkan.
  5. Memperhitungkan/Memahami isi sebuah tulisan/simbol/gambar dll.
Pengertian lain yaitu : 
  1. Proses pengubahan lambang visual (katon) menjadi lambang bunyi (auditoris). 
  2. Proses decoding. 
  3. Proses merekontruksi makna dari bahan-bahan cetak. 
  4. Proses rekontruksi makna melalui interaksi yang diamis antara pengetahuan siap pembaca, informasi yang tersaji dalam bahasa tulis dan konteks bacaan.
Dapat juga diartikan sebagai “Mengambil, memperoleh makna dari kata, kalimat, paragraf hingga sebuah satu kesatuan (misal buku/karya tulis) dll”.

Sehingga kesimpulannya adalah, jika secara umum, membaca dapat diartikan sebagai sebuah aktivitas dalam melafalkan, mengeja, membunyikan simbol-simbol, abjad hingga menjadi kata sampai kalimat yang memiliki makna.

Membaca Buku Maka Kita Banyak Tahu


Kita bisa membaca dari berbagai sumber, ragam bacaan itu dapat kita peroleh melalui media elektronik, majalah, surat kabar, e-book, buku, dan lain-lain.


Manfaat Membaca : 

  • Menambah Ilmu Pengetahuan dan Wawasan.
  • Mencegah Alzheimer / Meningkatkan daya ingat.
  • Menurunkan stres.
Sayangnya minat baca masyarakat Indonesia saat ini sangat rendah loh sahabat. Berdasarkan Survai Indonesia menempati peringkat ke 62 dari 70 negara berkaitan dengan tingkat literasi, atau berada 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah. Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD). Miris bukan?

Sudah menjadi tugas kita sebagai orang tua untuk memupuk kecintaan akan gemar membaca bagi putra putri kita. Gimana, setuju? 
Gemar membaca memang tidaklah terjadi begitu saja, perlu adanya stimulus. Kita sebagai orang tua harus berperan aktif agar akan-anak memiliki minat atau hoby membaca sejak dini.



Membiasakan Membaca Buku Sejak Dini


Tips Agar Anak Hoby Membaca :

  • Bacakan buku sejak dini.
Saat anak masih dalam kandungan, bacakanlah buku dengan suara nyaring, hal ini akan memperkaya kemampuan bahasa sejak dini dan juga akan meningkatkan perkembangkan intelektual bayi. Kebiasaan membaca buku inilah akan dipahami oleh bayi, selanjutnya akan menjadi bekal bayi untuk mengembangkan pemahaman bahasa yang lebih kompleks saat ia lahir nanti.

Selanjutnya kegiatan membacakan buku kita teruskan sampai anak lahir dan kegiatan ini menjadi rutinitas dongeng pengantar tidur.
  • Sediakan bahan bacaan untuk anak-anak.
Saat anak-anak mulai belajar membaca, sediakanlah buku bacaan di rumah, letakan di tempat yang mudah terlihat dan mudah dijangkau. Semua indera mereka akan menangkap buku-buku itu dan menjadikan benda itu sebagai benda yang sangat familiar dalam kehidupan sehari-harinya, sehingga rasa ingin tahu mereka menjadi sangat besar dan akhirnya mulai mencari tahu isi buku yang ada di hadapannya itu.

  • Ajak anak-anak ke toko buku.
Saat anak-anak mulai ada ketertarikan terhadap buku, jadikanlah berkunjung ke toko buku menjadi sebuah rutinitas. Biarkan mereka memilih buku apa yang ingin dibacanya, sesuai dengan usia dan kebutuhan anak-anak tentunya.
  • Mendengarkan saat anak menceritakan kembali buku yang telah ia baca.
Jadilah pendengar yang baik ketika anak-anak sedang antusias menceritakan isi buku yang selesai ia baca. Ajak mereka diskusi dan biarkan mereka berpendapat.


Orang Tua Adalah Roke Model

Orang tua adalah role model


Nah, ini yang sangat penting nih sahabat. Orang tua adalah role model. Bagaimana bisa meminta anak-anak kita untuk gemar membaca sedangkan kita sebagai orang tua tak pernah memberinya contoh. 

Jadikanlah kegiatan membaca menjadi sebuah rutinitas, luangkan waktu untuk upgrade ilmu pengetahuan dengan gemar membaca, ketika anak-anak terbiasa melihat orang tuanya gemar mambaca, lambat laun merekapun akan mengikutinya.

Untuk terus memupuk hoby membaca terhadap anak-anak, jadikanlah kegiatan membaca menjadi rutinitas yang menyenangkan di dalam rumah bersama keluarga. Lakukankanlah dengan hati senang, tanpa beban dan juga tanpa paksaan. 




Junitha Hornet
Selamat Datang di Junitha Hornet's Story Blogger, Cerpenis, dan Penyuka Buku "Menulislah Karena Suka, Maka Kamu Akan Menikmatinya".

Related Posts

There is no other posts in this category.

1 komentar

  1. Menjadi sebuah tantangan mengajak anak anak untuk membaca, tapi mudah mudahan tips ini bisa membantu ... Trima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar