header junitha hornet's story

Tips Membuat Blog Content Plan

4 komentar
Tips Membuat Blog Content Plan

Berlayar tanpa kompas, bagai mengarungi lautan tanpa arah dan tujuan, terombang-ambing dan terkadang mengalami kebuntuan. Itulah kalimat yang cocok untuk menggambarkan seorang blooger tanpa memiliki content plan. Nah buat Junitha yang lagi serius buat ngeblog, perlu banget nih memiliki content plan. Mau tahu bagaimana Tips Membuat Blog Content Plan ala Blogspedia, jangan lupa baca artikel ini sampai tuntas ya Sahabat.


Oh ya Sahabat FYI "Membuat blog content plan" adalah materi terakhir dikelas blogspedia yang sedang Junitha ikuti, materi ini sebagai materi penutup sebelum nantinya semua peserta berjibaku dengan artikel-artikel yang wajib kita post selama satu pekan, sebagai syarat kelulusan mengikuti kelas ini.

Apa Itu Blog Content Plan

Blog Conten Plan adalah merencanakan konten apa saja yang akan kita tulis dalam blog kita dalam jangka waktu tertentu.

Ada yang menyusunnya yearly blog plan, monthly blog plan, weekly blog plan dan daily blog plan
Tujuannya adalah agar kita para blogger lebih mudah dalam menulis sesuai dengan apa yang sudah direncanakan sebelumnya, memudahkan kita dalam pemilihan judul, menulis isi artikel, menetukan keyword, dan yang pasti akan memudahkan dalam menyusun outline, dan akan menghindari writer's block atau kebuntuan saat menulis.

Kenapa sih kita perlu membuat Blog Plan

Dengan perencanaan yang matang kita akan lebih konsisten dalam menulis blog dan lebih terarah.
Nah, sayang kan kalau kita sudah punya blog tapi jarang posting, sekalinya mau posting kita bingung mau nulis apa.

Manfaat Blog Content Plan

Buang-buang waktu nggak sih kita harus nyusun ini dan itu sebelum nulis? Hmm ... mungkin ada pertanyaan yang terbesit di benak sahabat akan hal ini. Ya, kalau belum terbiasa pastinya akan sulit, tapi kalau kita sudah memulainya dan konsisten pasti akan banyak keuntungan yang akan kita dapatkan.

Menurut Coach Maritaningtyas dalam kelasnya menjelaskan, ada 8 manfaat Blog Content Plan, antara lain :

  1. Membantu Teratur dan Konsisten Posting - Membuat jadwal posting blog akan membantu kita lebih teratur dalam update blog, hal ini dapat disesuaikan dengan kemampuan kita, apakah one day one post, apakah 2x dalam satu minggu
  2. Merencanakan Konten yang Seimbang - Kalau blog kita nice-nya adalah gado-gado alias lifestyle, dengan adananya perencanaan dalam menulis, konten akan lebih seimbang, kita dapat menyusunya secara bergantian, misalnya senin kita membahas tentang parenting, hari beriktnya kita membahas tentang kuliner dan lain-lain.
  3. Menyediakan Konten yang Ditunggu Pembaca - Kalau tujan kita ngeblog tak lagi sekedar hoby, pastinya kita akan lebih senang untuk berbagi melalui tulisan-tulisan kita, hal ini akan memacu kita untuk menyajikan tulisan yang bermanfaat dan disukai olehpembaca. Oleh karenanya content plan dan keyword research adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan oleh seorang blogger.
  4. Tandai Hari-hari Spesial - Dengan perencanaan konten, kita bisa menyesuaikan postingan dengan hari-hari besar/ perayaan-perayaan tertentu, misalnya menulis tentang hari kemerdekaan, tips mudik lebaran, dan lain-lain. Semuanya bisa kita rencanakan jauh-jauh hari.
  5. Memilih Ide Terbaik - Content plan untuk blog akan membantu kita untuk memutuskan mana ide terbaik yang akan kita posting terlebih dahulu.
  6. Tidak Ada Alasan Buntu Ide - Ketika kita sudah menyusun rencna dengan baik, dan ketika kata-kata kunci yang akan kita tulis sudah tersusun, tidak ada alasan buntu ide atau writer's block saat proses ngeblog. Kita tinggal mengembangkan saja kata-kata kunci di dalam daftar perencanaan menjadi outline dan kemudian siap dikembangkan jadi tulisan yang utuh.
  7. Mencari Postingan Lebih Cepat - Biasanya para blogger menjadikan blog plan sekaligus tempat pengarsipan link artikel yang sudah diterbitkan. Dengan cara ini, kita bisa mencari tulisan lama dengan lebih mudah. Sekaligus bahagia kalau lihat content plan sudah penuh dengan link, artinya rencana yang sudah dibuat sudah tereksekusi dengan baik.
  8. Menghemat Waktu - Dengan adanya blog content plan kita akan selangkah lebih maju. Saat orang lain baru berpikir mau nulis apa hari ini, kita sudah punya daftar tulisan hingga seminggu, sebulan atau bahkan setahun sekalian. Gimana, keren kan?
Sudah tahu kan tujuan membuat blog content plan sekaligus manfaatnya apa saja. Sekarang jadi nggak sabar nih bagaimana cara membuatnya. Okey, kita cari tahu yuk...

Perencanaan blog bisa dituangkan dalam berbagai metode, antara lain :

  • Manual - Cocok digunakan buat kita yang lebih suka mencatat di dalam buku.
  • Printable/ Freebies - kita bisa unduh desain-desain content plan yang banyak bertebaran di Internet. Atau kalau mau, bisa juga bikin desain sendiri , lalu bisa ditempelkan di meja kerja.
  • Digital - Kita bisa membuatnya pakai aplikasi excel/sheet. Bikin kolom-kolom yang dibutuhkan, plan menulis harian, mingguan, atau bulanan.Kira-kira kalau Sahabat lebih nyaman pakai metode yang mana nih? Kalau Junitha sih lebih suka bikin plan dengan menggunakan metode Printable/Freebies, tapi apapun itu yang terpenting adalah eksekusi bikin blog content plan-nya dku dong, iya nggak?
Nah, di bawah ini ada beberapa Blog Content Plan Junitha Hornet's Story salah satu tugas dari materi terakhir dalam kelas Blosgpedia. Bismillah semoga istiqomah dan konsisten buat ngeblognya ya Sahabat, Aamiin.

Yearly Blog Plan


Junitha Hornet's Story Plan 2022

Weekly Blog Plan


Junitha Hornet's Story Weekly Plan

Daily Blog Plan

Nah, kalau yang ini sangat membantu kita saat menyusun artikel bisa runtut dan nggak mbleber ke sana ke mari. Sahabat biasa menyebut daily blog plan sebagai outline artikel. Isinya bisa seperti ini :

Tema tulisan
Keyword
Judul
Permalink
Kalimat pembuka
Sub Judul 1
--- Sub sub judul 1
--- Sub sub judul 2
--- Sub sub judul 3, dst
Sub Judul 2
Sub Judul 3, dst
Penutup (kesimpulan)
Referensi/ Daftar PustakaOutline ini juga biasanya di gunakan sebagai checklist apakah hierarki artikel sudah memenuhi kaidah SEO Jika sudah oke, baru deh dibawa ke dashboard blog, siapin infografis dan siap kita publikasikan.

Itulah beberapa Tips Membuat Blog Content Plan, manfaat dan bagaimana cara membuatnya. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih, salam sehat dan bahagia selalu.


Junitha Hornet







Junitha Hornet
Selamat Datang di Junitha Hornet's Story Blogger, Cerpenis, dan Penyuka Buku "Menulislah Karena Suka, Maka Kamu Akan Menikmatinya".

Related Posts

4 komentar

  1. Wuahhh, ada review buku kappa, jadi ga sabar baca ulasannya, :D
    semoga tetap semangat dan sehat selalu ya Mom :D

    BalasHapus
  2. Wah semoga plannya terlaksana semua ya mbakk..

    Semangaaat kita...

    BalasHapus
  3. Semoga rencana tahunnya ttg membuka jobnya bisa terwujud ...amin

    BalasHapus

Posting Komentar