header junitha hornet's story

Review Book "Membangun Budaya Gemar Rapi"

Review Book 

Judul :  Membangun Budaya Gemar Rapi
(Kumpulan Kisah Inspiratif Menuju Hidup Rapi)

 Penulis : Alumni Kelas Gemar Rapi Angkatan Pertama

Pemeriksa  : Diana Dia 

Penerbit : Ihsan Parenting (Ihsan Media Group}

Tebal Buku : 197 Halaman

ISBN : 978-602-5633-78


Dalam Buku ini di jelaskan beberapa metode dan tips "Membangun Budaya Gemar Rapi",  bagaimana menerapkan  "Berbenah" dengan cara yang benar. Dalam Buku ini akan mengajarkan kita untuk berbenah sesuai dengan urutan yang seharusnya, dalam buku ini akan di bahas mengenai dua tahapan dalam berbenah diawali dengan Gemari Pratama,Yaitu tata cara berbenah sesuai dengan urutan dan terkonsep sehingga akan memudahkan dalam beberes atau merapihkan, hal ini akan menciptakan rumah yang rapi dan nyaman. Tidak sampai disini, setelah kita selesai merapihkan semua barang-barang yang kita miliki, selanjutnya kita akan lanjut akan di ajarkan mengenai Gemari Madya, yaitu "Berbenah diri", bagaimana menata diri.

Untuk selengkapnya kita bisa mendapatkan informasinya melalui buku ini, sebuah buku Kumpulan Kisah Inspiratif Menuju Hidup Rapi, dari Alumni kelas Gemar Rapi Angkatan Pertama.

Gemar Artinya Suka sekali. Rapi memiliki makna baik, teratur, bersih, apik, tertib, serba beres, menyenangkan, siap sedia, siaga, sebagaimana mestinya dan tidak asal saja (KBBI V)


" Landasan Utama gemar rapi adalah menjadikan kerapian sebagai sesuatu yang disukai, bukan beban. Terbayang kan seandainya aktivitas beres-beres ini jadi musuh atau tidak kita gemari? Tentu hidup rapi akan menjadi mimpi belaka. Ataurapi hanya musiman, sebagai kamuflase saja, tidak mengubah kebiasaan, dan tidak mengubah gaya hidup."
(halaman 2)

Metode Gemar Rapi ini awalnya di adaptasi oleh "Metode Berbenah ala Konmari (Seni Berbenah Ala Jepang)", kemudian dilakukan beberapa metode yang sudah di riset bersama oleh para pencetus dan di sesuaikan dengan Orang Indonesia, yang memiliki potensi masalah dan latar belakang yang berbeda dengan orang luar negeri, maka lahirlah metode Gemar Rapi yang sangat mudah kita terapkan. Banyak disebutkan beberapa pengalaman menarik dari para alumni dalam menerapkan seni berbenah ini, mereka merasa lebih mudah dan ringan dalam merapihkan rumah, mendadak menjadi kreatif, lebih hemat, hidup lebih teratur dan lain sebagainya. Mereka hanya menyimpan barang-barang yang benar-benar dibutuhkan saja dan hanya barang yang membuat bahagia yang mereka simpan di dalam rumah.

" Dampak Positif setelah berbenah, Pertama tumbuh pola pikir baru yang lebih mudah mengindentifikasi kekacauan dibanding sebelumnya. Kedua menjadi rajin "Declutter/Proses mengurangi barang-barang" seolah radar beres-beres sudah terpasanag dengan baik. Ketiga mulai terlihat jelas susunan barang yang memang dibutuhkan di rumah"
Halaman 88

Selanjutnya dalam buku ini akan membagikan pengalaman para alumni mengenai Gemari Madya, yaitu bagaimana kita menata jiwa, menata raga, menata potensi diri, menata kata, menata waktu, menata uang, menata masalah dan menata Stress.

Setelah mempelajari Gemari Pratama dan Gemari Madya, selanjutnya akan ada kelas  yaitu Gemari Utama yaitu kelas "Menata Negeri", namun untuk saat ini kelas Onlinenya belum dibuka, semoga dengan mengetahui metode ini, kita bisa terus menerapkannya dalam kehidupan sehari, hari

Buku ini saya beri nilai 4 (untuk skala nilai dari 1-5)
#NgereadKuy
#KMC8
#BacaBuku

Tag Kak Yandi Asd
 https://sobatsukabaca.blogspot.com


Junitha Hornet
Selamat Datang di Junitha Hornet's Story Blogger, Cerpenis, dan Penyuka Buku "Menulislah Karena Suka, Maka Kamu Akan Menikmatinya".

Related Posts

Posting Komentar