header junitha hornet's story

Gelanggang Inspirasi Founder

Gelanggang Inspirasi Founder

Berdaya Bersama Komunitas

Yey, selangkah lagi menuju gerbang regional, antusias sekali tentunya. Sampai di titik ini perjalananku bergabung bersama Komunitas Ibu Profesional begitu berliku loh tapi semua itu pasti banyak pelajaran berharga yang Junitha dapatkan,  pengalaman baru, ilmu yang bermanfaat, dan teman baru satu frekwensi tentunya.

Ada cerita seru apa nih dari Kampung main Komunitas #batch3 Ibu Profesional?  Pada hari Senin 18 Oktober 2021 yang lalu Junitha dan para teman asik lainnya mengikuti serangkaian acara, salah satunya adalah Gelangang Inspirasi Founder Ibu Profesional "Berdaya Bersama Komunitas ". 

Acara ini diselenggarakan secara live via zoom dan youtube. Dalam acara ini menghadirkan Founding Mother Ibu Profesional yaitu Ibu Septi Wulandari. Sosoknya benar-benar menginspiratif loh.

Mengenal Founder Komunitas Ibu Profesional 

Tak kenal maka ta'aruf. Kita kenalan dulu yuk dengan founder Ibu Profesional yang satu ini. 

Gelanggang Inspirasi Founder

Antusiasnya peserta nampak dari awal acara hingga akhir. Yuk, kita lihat ilmu apa saja yang kita dapatkan dari acara tersebut.

Waktu tebaik bergabung di komunitas?

Kapan sih waktu terbaik bergabung di sebuah komunitas? Waktu terbaik menurut Ibu Septi adalah Ketika muncul rasa lapar dalam diri kita. Ketika kita sudah mulai perlu untuk mencari jati diri, dan perlu untuk mengembangkan diri,  dan melihat peran yang kita jalani baik sebagai ibu ataupun seorang istri.

saat itulah menjadi moment yang tepat bagi kita untuk bergabung dengan sebuah komunitas, semua itu semua tergantung dari semangat dalam diri kita sendiri (Dorongan internal) dan tidak bisa dipaksakan.

Kitalah yang membutuhkan komunitas. Komunitas lahir karena kita memang memerlukan,  sehingga kita mencintainya tanpa alasan apapun (Ibu Septi Wulandari).

Bagaimana memilih komunitas yang baik untuk kita?

Tentunya kita harus memilih komunitas yang sehat dan sesuai dengan kita, agar saat menjalankannya bisa optimal dalam berkarya dan juga berdampak.

Gelanggang Inspirasi Founder

Hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih komunitas :

  • Founder

Komunitas yang baik sudah pasti memiliki founder yang baik pula.  Bagaimana cara mengetahuinya? kita harus mencari tahu, siapa  foundernya, kita bisa melihat profilenya dari akun media sosialnya misalnya, Kualitas founder menunjukan kualitas member. Cari tahu pengalamannya, apa misi dan visinya, dan apakah itu sesuai dengan kita, dan Lihatlah apakah mindsetnya sejalan dengan diri kita atau tidak.

Passion : Sebelum bergabung dengan komunitas, kenali dulu apa yang sebenarnya kita butuhkan, gali potensi diri selanjutnya kita bisa melihat apakah komunitas yang kita pilih itu sesuai dengan passion, bakat, dan minat yang kita miliki, sehingga komunitas tersebut nantinya benar-benar bermanfaat dan sesuai dengan kita, karena komunitas tersebut akan memberi banyak ilmu, manfaat, dan dapat mewadahi apa yang sebenarnya kita butuhkan.

  • Core Values

Nilai-nilai apa saja yang diterapkan, apakah  komunitas itu sesuai dengan diri kita sehingga akan tumbuh rasa nyaman dalam berkomunitas.

  • Code of Conduct

Aturan seperti apakah yang diterapkan dalam komunitas. Apakah komunitas itu objektif, apakah ketika ada sebuah gesekan komunitas tersebut mencegah atau dibiarkan begitu saja, komunitas harus memiliki aturan yang jelas agar tidak terjadi perpecahan.

Cara Keluar : Ketika kita bisa masuk dengan baik, maka kita juga harus tahu bagaimana cara keluar dari komunitas dengan baik pula

Agar sukses beraktivitas dan berperan di komunitas :

  • Ambilah peran dalam berkomunitas jangan menunggu diberi peran. Karena jika kita yang memilih maka akan bahagia dalam menjalankannya
  • Aktif berkomunikasi produktif dengan pengurus komunikasi regional
  • Percaya diri dalam berkomunitas dan tidak mudah terpengaruh dengan kondisi negatif dari lingkungan.

Jadilah warga yang baik, bahagia, dan berbinar di kampung komunitas. Ambil peran lalu berkaryalah dan bersinar sesuai dengan versi kita sendiri.
Finally, satu langkah sudah berhasil Junitha dan teman-teman asik lainnya lewati, dan masih panjang perjalanan kita menjadi Ibu yang bahagia dan bergabung bersama komunitas Ibu profesional, berbagi dan berdampak.

Itulah catatan kecil yang dapat Junitha resume dalam acara Gelanggang Inspirasi Founder. Berdaya bersama komunitas. Semoga artikel ini bermanfaat ya Sahabat Junitha Hornet's Story
 
#Resume2
#Gelangganginspirasifounder
#orientasikampungkomunitas
#Balaimaingembira
#Ibuprofesional2021
#komunitasibuprofesional
#kampungmain3
#semestakaryauntukindonesia
#salamberprestasi
#PrestAsyik


Junitha Hornet
Selamat Datang di Junitha Hornet's Story Blogger, Cerpenis, dan Penyuka Buku "Menulislah Karena Suka, Maka Kamu Akan Menikmatinya".

Related Posts

Posting Komentar