header junitha hornet's story

Kampung Main#3 PrestAsik Ibu Profesional

12 komentar

Hai Sahabat, kembali lagi nih Junitha menjumpai sahabat semua, kali ini di "Junitha Hornet's Story", Junitha akan meresume kegiatan yang belum lama ini Junitha ikuti bersama Komunitas Ibu Profesional, yaitu Kampung Main#3 PrestAsik. 

Sudah tahu dong Komunitas Ibu Profesional? Yup, Komunitas Ibu Profesional adalah komunitas bagi para Ibu dan calon Ibu yang ingin terus belajar dan meningkatkan kualitas diri sebagai seorang Perempuan, Istri dan juga Ibu. 

Di Komunitas ini kami belajar bersama, saling suport, dan bertumbuh bersama. Kelas ini di laksanakan secara Online dan Offline yang diselenggarakan di 57 kota di Indonesia dan 10 Negara. Wah pasti seru ya Sahabat.

Junitha sebagai Ibu Rumah Tangga merasa sangat membutuhkan komunitas ini untuk bertumbuh dan tetap produktif, sehingga tumbuh keyakinan dan kepercayaan diri bahwa Saya Ibu Rumah Tangga dan Saya Bangga.

Setelah mengikuti proses panjang mengikuti alur pendaftaran dan mengikuti berbagai kegiatan seru lainnya, tibalah saatnya untuk Junitha memilih jurusan. Nah di Komunitas Ibu Profesional ini Junitha memilih Kampung Komunitas menjadi tempat Junitha bermain dan belajar bersama para Ibu lainnya. 

Sebelum kita memasuki regional masing-masing terlebih dahulu kita akan berada di sebuah kampung yaitu Kampung Main. Bersama Ibu-ibu hebat lainnya Junitha berada di "Balai Main Gembira". Seperti apa keseruan kami di Kampung Main Batch 3 PrestAsik, Pretasi dan Asik? Chek this out.

Kampung Main #3 PrestAsik

Kampung Main#3 PrestAsik Ibu Profesional

Di kampung ini kita akan main bareng, ngobrol bareng, beraktivitas bareng, Eits tapi ada aturan mainnya loh, untuk semua cawarga (Calon warga) sebelum mengikuti kelas ini, kita harus mendapatkan SIM terlebih dahulu.
Apa itu SIM? SIM adalah Surat Ijin suaMi, Masha Alloh asli keren kan, dimana ridha suami adalah hal yang terindah bagi para istri, Junitha pun bersyukur karena diberi Ijin untuk mengikuti serangkaian acara dalam komunitas ini yang pastinya tidak melupakan tugas menjadi seorang Ibu dan Istri dan harus pandai membagi waktu.

Kampung Main#3 PrestAsik Ibu Profesional

Alhamdulillah, setelah mendapatkan SIM, saatnya Junitha memasuki gerbang Kampung Main, ada yel-yel pemberi semangat juga loh di sini, Yel-yel inilah yang kami gaungkan saat acara berlangsung. Selanjutnya kita akan bertemu di Gelanggang Inspirasi Leader, selama 5 hari berturut -turut peserta mengikuti zoom meeting atau bisa juga via live youtube. Jika berhalanag hadir peserta dapat menyaksikan rangkain acara  serunya melalui siaran ulang di youtube.
Kampung Main#3 PrestAsik Ibu Profesional


1. Strong Why Berkomunitas.

Sahabat apa sih alasan kuat kita dalam berkomunitas? Alasan kuat ada di diri kita sendiri, masing-masing orang sudah tentu memilik strong Why yang berbeda-beda. Bagaimana cara menentukan Strong Why kita, kita dapat melakukannya dengan cara :
  • Temukan passion yang ada dalam diri. Di komunitas ini Junitha akan bergabung di kelas menulis/literasi, belajar, menyalurkan hoby, mengasah bakat dan minat juga mengembangkannya.
  • Menemukan teman satu frekwensi. Memiliki keluarga baru dan juga relasi. Disini kita saling berbagi dan saling suport tentunya. 
Setelah kita memiliki strong why, kita dapat berkembang dan juga berkarya, menjadi produktif, menjadi manfaat bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang-orang di sekeliling kita.

Kampung Main#3 PrestAsik Ibu Profesional

2. Tantangan Berkomunitas di Regional.

  • Komunikasi produktif : Dalam berkomunitas diperlukan keaktifan agar komunikasi dua arah terjalin dengan baik. Sampaikan pesan dengan jelas, tepat dan juga singkat (Jangan menjadi silent reader)
  • Team Work : Menahan rasa ego dan sifat individu. Saling berkontribusi dan bekerja sama dengan baik sesama warga kampung komunitas, . 
  • Manajemen Waktu : Memiliki skala prioritas. Bisa membagi waktu antara kesibukan di ranah domestic ataupun public dengan berkimunitas.
  • Manajemen Emosi : Menemukan bonding sesama warga kampung komunitas, mengenal karakternya dan menjadikannya bagian dari keluarga.
  • Empati : Berbagi, berkarya, dan berdampak.
Banyaknya tantangan dalam berkomunitas, menjadikan pribadi kita lebih dewasa dalam memahami orang lain.
Kampung Main#3 PrestAsik Ibu Profesional

3. Tips Betah di Regional.

  • Berkenalan dengan warga komunitas yang lain : Tak kenal maka Ta'aruf ya Sahabat.
  • Pahami peraturan, jalani dengan bahagia.
  • Jangan malu bertanya (Responsesif)
  • Komitmen dengan motivasi awal.
  • Kuatkan visi, kenali potensi diri.
  • Aktif dan ambil peran dalam komunitas sesuai dengan kemampuan kita (Berkontribusi).
Yang harus diingat dalam komunitas ini adalah : Banyakin main bareng, ngobrol bareng, dan beraktifitas bareng.

Terus berkarya, bangun personal branding, fokus dan ciptakan goal diri sendiri.


Kampung Main#3 PrestAsik Ibu Profesional

4. Ruang Bermain di Regional.

  • Rumbel (Rumah Blajar) : Rumah belajar ini adalah tempatnya para warga kampung komunitas ini memilih kegiatan sesuai dengan bakat dan minat masi g-masing, di rumbel ini memiliki kurikulum terstruktur dan didampingi oleh mentor. Warga boleh memilih maksima dua kegiatan.
  • Rumin (Rumah Main) : Adalah tempat bermainnya warga kampung komunitas yang banyak manfaatnya, sekaligus meningkatkan kedekatan/bonding sesama warga.
  • Rumba (Rumah berbagi) : Tempat berbagi untuk semua warga kampung komunitas dengan masyarakat umm.
Kampung Main#3 PrestAsik Ibu Profesional

5. Konstribusi Warga Baru di Regional.

  • Aktif di WhatsApp grup, memberi salam dan merespon baik.
  • Mengikuti games atau Vhallenges.
  • Mengikuti Rumbel, Rumin, dan Rumbah di kampung bakat.
  • Menghasilkan karya atau menginisiasi rumbel yang belum terbentuk.
  • Aktif berbagi ide di forum diskusi.
  • Menjadi bagian dari pengurus komunitas.
Jadilah anggota kampung komunitas yang istimewa, aktif dan berkonstribusi. Terus belajar, bahagia, dan memberi dampak.
Kampung Main#3 PrestAsik Ibu Profesional

Finaly, Junitha berhasil mengikuti tahap demi tahap dalam komunitas ini, dan siap bergabung menjadi salah satu warga di regional Banyumas Raya, siap menimba ilmu, bermain dan  belajar bersama menjadi Ibu yang produktif dan dapat menebar banyak manfaat.
Ibu Profesional itu tidak ditunjuk duluan, tapi maju sebelum ditunjuk, karena Ibu Profesional senang berbagi dan melayani.

Itulah perjalanan Junitha bergabung menjadi salah satu member komunitas Ibu Profesional, terima kasih. Stay Healathy and Happy.


#resume1
#gelangganginspirasileader
#gelangganginspirasileaderregional
#orientasikampungkomunitas
#balaimaingembira
#ibuprofesional2021
#komunitasibuprofesional
#kampungmain3
#semestakaryauntukindonesia
#salamberprestasi



#prestasyik


Junitha Hornet
Selamat Datang di Junitha Hornet's Story Blogger, Cerpenis, dan Penyuka Buku "Menulislah Karena Suka, Maka Kamu Akan Menikmatinya".

Related Posts

12 komentar

  1. Program-program di Ibu Profesional sangat beragam, ya. Menarik sekali menyimak setiap agendanya. Semoga semakin berdaya para ibu dengan sharing ilmu di Ibu Profesional

    BalasHapus
  2. Salut dengan komunitas ini, keren, inovatif, inspiratif, kreatif dan lain-lain. Selamat bertumbuh dan berkembang mbak Junitha

    BalasHapus
  3. Waah senang sekali, itu kegiatannya diadakan secara online atau ofline mbak?

    BalasHapus
  4. Mba Junita, salut euy sambil ngajar, sambil jaga anak eh tetap aktif juga ikut kelas ibu professional. Komunitas Ibu Professional kan banyak banget programnya, aku pun tertarik pengen ikutan tp belum kesampaian nih.

    BalasHapus
  5. Barakallah mbak Junita, sehat semangat mengikuti semua kegiatan ya
    Makin sibuk, insyaallah makin bermanfaat

    BalasHapus
  6. Mbakkkkkkk aku lama tergiur sama IIP ini mbak.membaca tulisanmu rasanya wow wow banget.

    Aku kmrin sempat kenalan sama kaba ini. (Kampung bakat)

    Masya Allah keren ya rupanya ada prinsip " berkontribusi dam berbahagia" ya keren.

    BalasHapus
  7. Saya pernah masuk tahaoan ini sepertinya mbak di batch lalu, tapi terhenti karena saya dirawat karena c****19. Belum lanjut lagi nih

    BalasHapus
  8. Selamat satu gerbang sudah terlewati, Siap-siap menuju gerbang selanjutnya yang lebih seru pekan ini... Siapkan energinya, dan tetap semangat ya!

    BalasHapus
  9. Kreatif banget sih kegiatannya. Salut deh buat komunitas yang asik banget kelihatannya.

    BalasHapus
  10. Aku tuh oengen banget join IP mbak, tapi selalu telat 😪 program2nya keren banget sih, mengasah kemampuan kita sebagai ibu dan wanita sekaligus

    BalasHapus
  11. Asik banget ini kegiatannya, Mbak. Salut banget sama kakak satu ini

    BalasHapus
  12. Mantaaap mbak. Aku udah lama nggak ikutan acara2nya IP nih. Emang ya IP tuh kalau bikin kegiatan pasti seru dan unik2.

    BalasHapus

Posting Komentar